Bimbingan Teknis Peran BUMDesa

Yogaswaara-(29/01/2020) Dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan Desa, Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan Peraturan Desa berpedoman pada peraturan perundang-undangan. Bentuk Badan Usaha Milik Desa sebagaimana dimaksud pada ayat ini, harus berbadan hukum.

Sesuai amanat UU Desa No 6/2014 setiap desa perlu membentukBUMDES, sebagai salah satu upaya untuk pemberdayaan masyarakat sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Desa. Selanjutnya Kementrian Desa, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal telah menerbitkan Peraturan Menteri No4/2015 tentang BUMDES. Menyambut hal tersebut Pemerintah-Pemerintah Daerah seharusnya juga sudah menerbitkan Perda tentang Tata Cara Pembentukan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Namun demikian dari sekian banyak desa, belum banyak yang sudah mendirikan BUMDES. Bagi desa yang sudah mendirikan BUMDES pun banyak yang kondisinya kurang baik.

Untuk itu Pemerintah Desa di Wilayah Kecamatan Pulokulon bekerja sama dengan Lembaga Kajian dan Pengembangan SDM menyelenggarakan Bimbingan Teknis di Yogyakarta dari tanggal Selasa-Kamis, 28 s.d Januari 2020 bertempat di Hotel Grand Senyum.

Kegiatan dibuka oleh Camat Pulokulon Sudarmoyo,S.Sos, M.H diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia rakyat dilanjutkan penyampaian materi oleh Tenaga Ahli dari Dispermasdes Kabupaten Grobogan.

Kontributor : Syam

Publikasikan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*