Merawat Tradisi Sedekah Bumi, Dusun Padangan Desa Panunggalan

Kamis, 22 Juli 2019 Warga Dusun Padangan Desa Panunggalan Kecamatan Pulokukon Kabupaten Grobogan Jawa Tengah menggelar acara sedekah bumi. Tradisi digelar sebagai ungkapan rasa syukur warga atas melimpahnya hasil pertanian dan mudah dalam berbagai Usaha yang ada di lingkungan sekitar.

Di Hadiri Bapak Lurah Panunggalan Bapak Pujianto, Bapak Kadus Padangan , Bapak Kaur Padangan serta Perangkat-perangkat Desa Panunggalan, Sesepuh dan masyarakat padangan.

Bapak Kepala Desa Pujianto menyebut tradisi Sedekah bumi di Dusun Padangan adalah Salah satu tradisi tertua yang di gelar di Desa Panunggalan sebelum Dusun2 lain menyelenggarakan, dan merupakan adat masyarakat yang berlangsung turun-temurun dan digelar sekali dalam setahun.

Senin, 22 Juli 2019. Acara sedekah bumi di isi dengan Tradisi Islam yakni Khataman Binnadzor 30 Juz, Istighosah, Maulidurrosul SAW. di lanjutkan Pengajian Siraman Rohaniyyah dari KH.Ali Muttaqin dari Purwodadi.

di Dusun Padangan terdapat 2 CikalBakal atau di sebut sebagai Danyang yaitu Mbah Tunggon dan Mbah PrehKusuma, dan Sebagai bentuk syukur Alhamdulillah kegiatan tahun ini Dusun Padangan dapat menyembelih Hewan 2 Kerbau, dan dibagikan untuk Masyarakat sekitar sendiri

Kontributor : Amir

Editor           : Edy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *