(14/10/2018) Sepeda Ngontel Padangan atau sering di sebut SNP Adalah Suatu Komunitas sepeda yang ada di Dusun Padangan, Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, berdiri kurang lebih sudah 2 tahun
Dengan tujuan Mengajak masyarakat Desa Panunggalan dan sekitarnya menjadikan aktifitas bersepeda sebagai bagian hidup sehat.
Komunitas Sepeda Ngontel Padangan juga mengadakan kegiatan rutin setiap 1 Minggu sekali yakni (Goes sehat pagi) dengan memperkenalkan dan mempromosikan tempat-tempat Wisata yang berada di Kabupaten Grobogan seperti Rute Bleduk Kuwu, Sendang Coyo, Taman Hijau Kota Purwodadi, Kebun Blimbing, Kebun Kelengkeng, Air Terjun Widuri, Air Tujuh Warna, Patung Ganesa, Waduk Kedung Ombo, Waduk Nglangon, Candi Joglo, Dan sekitarnya.

Komunitas SNP ini terbentuk atas kesadaran bersama dan ditunjuk sebagai Ketua Bapak Musthofa Yang beranggotakan dari beberapa kalangan baik pemuda, tokoh masyarakat dan beberapa perangkat Desa Panunggalan.

Start Goes dimulai sehabis Subuh sekitar jam 05.00 WIB – Selesai tergantung rute jarak yang menjadi rute tujuan.
Komunitas SNP Juga merangkul komunitas sepeda lain yang ada di Purwodadi seperti Komunitas Goes Wirosari dan juga Kuwu, untuk timbrung Goes bareng dengan tujuan yang sama.

Selain mempererat tali silaturahmi pemuda dan masyarakat, Salah satu keunikan dari SNP yaitu setiap anggota yang masuk juga harus siap di ajak Hidup sehat Seperti berhenti Merokok (No Smoking) tanpa ada paksaan.
Karena bersepeda juga banyak manfaat lain seperti Mengendalikan berat badan, Mengurangi resiko penyakit jantung, Mencegah resiko kanker, Mengurangi resiko diabetes, Meningkatkan kekuatan keseimbangan dan Koordinasi otot tubuh, Mengurangi stres dan menambah banyak teman.

Adapun sepeda yang di pakai yaitu sepeda Klasik Ontel seiringnya zaman modern juga banyak yang pakai MTB (Sepeda Gunung). Tidak heran kalo ada yang pernah berkunjung di Dsn Padangan, sekarang masyarakat setempat banyak yang mempunyai sepeda MTB tidak lain berkat Komunitas Sepeda Ngontel Padangan (SNP) untuk selalu mengajak masyarakat hidup sehat.

 

Kontributor : Amir

Publikasikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *