Berqurban Wujud Kepedulian Sesama dan Kebersamaan

Rabu 22 Agustus 2018 (Masehi) / 10 Dzulhijjah 1439 (Hijriah) bertetapan dengan perayaan Iduladha.
Jika sudah menapaki bulan Dzulhijjah, tentu yang ada pada pikiran kaum muslim adalah ibadah haji, karena sesuai dengan nama bulannya yaitu bulan Dzulhijjah. Disamping itu juga, selain ibadah haji masih banyak ritual yang tersimpan dalam bulan Dzulhijjah ini yaitu perayaan Iduladha atau yang lazim disebut dengan qurban, mengapa demikian? Karena pada waktu tersebut diadakan penyembelihan hewan qurban.
Masjid Baitul Muttaqin yang menjadi masjid pusat di Krajan Panunggalan melaksanakan sunnatullah yaitu qurban. Masjid Baitul Muttaqin mendapatkan 5 ekor Sapi dan 10 ekor kambing untuk di qurbankan pada iduladha tahun ini. Hewan qurban nantinya akan dibagikan ke warga lingkup Masjid Baitul Muttaqin sebanyak 15 RT. Tujuan qurban tak lain untuk beribadah kepada Allah SWT pada hari raya iduladha sekaligus mensyukuri nikmat berupa harta untuk di sadaqah kan.
dalam dimensi sosial, kurban bertujuan untuk menggembirakan kaum fakir pada Hari Raya iduladha, sebagaimana pada Hari Raya Idulfitri mereka digembirakan dengan zakat fitrah. Karena itu, daging kurban hendaklah diberikan kepada mereka yang membutuhkan, boleh menyisakan secukupnya untuk dikonsumsi keluarga yang berkurban, dengan tetap mengutamakan kaum fakir dan miskin. pelaksanaan penyembelihan hewan yang akan dikorbankan mustahik yang akan menerima daging-daging kurban itu berkumpul. Mereka satu sama lainya meluapkan rasa gembira dan sukacita yang dalam. Yang kaya dan yang miskin saling berpadu, berinteraksi sesamanya.
Mari kita manfaatkan momen ini untuk mawas diri dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Fastabiqul-khairat. Maka kita berlomba-lomba dalam berbuat kebajikan.

Satu tanggapan untuk “Berqurban Wujud Kepedulian Sesama dan Kebersamaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *